Minggu, 13 November 2016

KIMIA KELAS 11


Setelah mempelajari Materi Kimia Kelas X, sekarang sobat memasuki Materi Kimia Kelas XI. Bagaimana, di kelas X sobat sudah mendapat gambaran mengenai pelajaran kimia? Mudah ya. Supaya tidak kesulitan dalam memahami materi kimia, hal pertama yang harus kita lakukan adalah buang dulu persepsi kimia itu sulit, susah, atau menakutkan. Yang paling penting, sobat harus selalu fokus, dan ingat setelah menguasai konsep tertentu, selanjutnya sobat harus banyak berlatih mengerjakan soal kimia yang berkaitan dengan konsep itu.
Mungkin ada sobat yang bertanya-tanya, kimia kelas XI membahas apa aja ya?
Untuk menjawab kebingungan sobat, berikut materi kimia yang dipelajari di kelas XI.


STRUKTUR ATOM
Teori Atom Modern atau disebut juga Teori Atom Mekanika Kuantum ini dirumuskan oleh Werner Heisenberg dan Erwin Schrodinger. Selain itu, sumbangan pemikiran terhadap teori ini diberikan juga oleh Paul Dirac, Max Born, dan Pauli.
Mungkin sobat penasaran materi apa saja yang dipelajari di Bab Struktur Atomini. Buat yang penasaran, sobat bisa lihat materinya dibawah ini.

STRUKTUR DAN GAYA ANTAR MOLEKUL

Materi yang kita amati sehari-hari sesungguhnya tersusun dari sejumlah partikel yang bergabung melalui ikatan kimia atau gaya antarmolekul. Dengan diketahuinya jenis ikatan yang memperkokoh partikel, diharapkan kita dapat meramalkan bentuk geometri suatu materi, khususnya geometri molekul.
Yang akan sobat pelajari pada bab ini yaitu:

TERMOKIMIA

Setiap materi mengandung energi dalam bentuk energi potensial dan energi kinetik. Kedua energi ini dinamakan energi internal. Jika energi yang terkandung dalam materi berubah maka perubahan energi dinamakan kalor. Perubahan energi (kalor) pada tekanan tetap dinamakan perubahan entalpi (ΔH).
Berikut adalah materi-materi yang akan dibahas di bab termokimia ini:

LAJU REAKSI

Ilmu kimia juga mempelajari laju, yaitu laju reaksi. Berbeda dengan motor yang sobat punya, laju reaksi bukan perpindahan jarak per satuan waktu, tapi perubahan konsentrasi per satuan waktu.
Materi-materi yang akan sobat pelajari yaitu:

KESEIMBANGAN KIMIA

Artinya semua pereaksi dinyatakan habis bereaksi dan tidak pernah kembali. Pada kenyataannya, banyak reaksi kimia yang terjadi tidak satu arah melainkan membentuk keadaan setimbang. Dalam hal ini, pereaksi tidak habis bereaksi, dan hasil-hasil reaksi dapat membentuk pereaksi kembali. Hal tersebut berlangsung hingga terbentuk keadaan kesetimbangan antara pereaksi dan hasil reaksi.
Menurut sobat apa itu reaksi kesetimbangan? Apa yang dimaksud keadaan setimbang?  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan memperdalam pengetahuan sobat tentang Bab Kesetimbangan Kimia ini, silahkan klik link-link berikut.

LARUTAN ASAM DAN BASA

Mungkin ada sobat yang penasaran apa yang akan sobat pelajari di Bab Larutan Asam dan Basa (materi kimia kelas XI) sekarang. Buat yang penasaran, berikut adalah list materi yang akan sobat pelajari.

KESETIMBANGAN ION ION DALAM LARUTAN

Selain itu, ada juga garam-garam yang hampir tidak larut dalam air pada pH tertentu, tetapi dapat larut dalam pH yang berbeda. Sifat-sifat garam seperti ini dapat dimanfaatkan untuk memisahkan garam-garam yang terkandung dalam mineral untuk kepentingan pemisahan logam-logam.
Contoh-contoh di atas terjadi karena adanya proses kesetimbangan ion-ion dalam larutan. Apa saja yang dapat memengaruhi kesetimbangan larutan? Bagaimanakah pengaruhnya terhadap kelarutan senyawa? Anda akan menemukan jawabannya setelah mempelajari bab ini, berikut adalah list materi-materinya.

SISTEM KOLOID

Koloid juga terdapat dalam produk-produk industri untuk rumah tangga, kosmetik, dan farmasi. Apa yang dimaksud koloid, bagaimana sifat-sifatnya, dan bagaimana pembuatannya?
Untuk menjawab pertanyaan di atas silahkan sobat klik link-link berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar